Rabu, 14 Maret 2012

Berawal dari Rasa Syukur dan Menghargai Potensi yang Ada pada Diri








             Pertama dan yang paling utama,  syukuri kelebihan yang telah dimiliki, bisa jadi ada orang yang suka mengeluh ahhh ko'  gini sih ahhh ko' gitu sih gimana bisa menmahami potensi diri jika hidup selalu mengeluh dan mengeluh, dalam hidup masalah selalu ada dan pasti ada juga penyelesaian nya nahhh mulai sekarang jangan mengeluh lagi dan hadapi semua problema dan jalani hidup dengan terus menggali potensi yang ada pada diri mu,.. Ok. Setelah mencari beberapa sumber tentang potensi diri, akhirnya dapat satu sumber yang bisa dijadikan pengetahuan tentang bagaimana sih menggali dan mengetahui potensi yang ada pada diri kit: yooook check itu out!!!!

Bagaimana Menggali Potensi Diri 

Manusia adalah unik, manusia punya bahasa, manusia dianugerahi akal dan pikiran, manusia memiliki rasa malu, rasa ingin tahu serta satu hal yang mesti di ketahui adalah sesungguhnya manusia memiliki potensi pada diri nya, yoook berbagi jika teman teman memiliki potensi dengan cara jangan malu atau sungkan untuk membagi kelebihan yang teman-teman miliki,....
Mari dibaca (*Cara ini didapatkan dari sebuah sumber yang bagus, terima kasih)

1.Sebaiknya kita mencoba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat kita bahagia; apa yang anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan kita; dan apa saja kelemahan kita. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda.  
2.Tentukan tujuan hidup kita baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi kita. Menentukan tujuan yang jauh boleh aja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.  
3.Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa motivasi hidup kita, apa yang bisa melecut semangat kita untuk menghasilkan karya terbaik, dan lain-lainl. Sehingga kita memiliki kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri untuk menghasilkan yang terbaik. Apalagi dengan dukungan dan kerja sama tim ( team work).  
4.Buang jauh-jauh pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah kita mencapai tujuan. Setiap kali kitamenghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika kita telah menemukan jalan yang mantap. 
5.Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan kita, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju. Sekarang kita sudah tahu akan cara mengetahui potensi diri ?. Ingat, potensi diri seseorang adalah kekuatan seseorang itu sendiri untuk menggapai sukses. Oleh karena itu, mulai sekarang ketahuilah dan galilah potensi diri kita. Penutup Berbagai penjelasan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa menganalisis potensi diri itu sangat penting bagi setiap individu. Analisis potensi diri itu hendaknya dapat dimulai sejak dini ataupun dari sekarang sehingga kita dapat mengetahui dan menguraikan segala cara untuk mendapatkan yang terbaik di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar